Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Satu Unit Rumah Hancur Diterjang Air Bah

Kontributor DaerahBencana Alam 24 Oktober 2019 JAM 10:08:26 WIB

Satu unit rumah di Kanagarian Pilubang,  Kecamatanan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman, hancur diterjang air bah yang datang secara tiba- tiba. Beruntung  amukan  sungai batang pinjawan tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa, karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri.

Beginilah kondisi rumah permanen milik Yurnalis, warga korong pinjawan rendah, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman saat ini. Terlihat rumah yang terletak persis dipinggiran sungai batang pinjawan itu hancur diterjang air bah, yang datang secara tiba-tiba. Beruntung, mengamuknya sungai batang pinjawan tersebut, tidak menimbulkan korban jiwa, karena pemilik rumah berhasil menyelamatkan diri. Sementara rumahnya hancur dan bahkan separoh bagian rumah korban ini beserta isinya hanyut diseret air.

Yurnalis, pemilik rumah mengaku, air bah datang secara tiba-tiba,  disaat dirinya dan keluarga tengah tertidur, beruntung ia bersama suami dan anak-anaknya bisa menyelamatkan diri. Sementara rumah yang ditempati  akan dijadikan tempat pesta perkawinan anak sulungnya. Namun  rumah yang dibangun dengan susah payah ini,  hancur dan hanyut diseret air sungai. Saat ini Yurnalis bersama keluarganya  terpaksa  mengungsi ke rumah keluarganya yang lain. Korban berharap, pemerintah maupun para dermawan bisa membantu untuk mendapatkan tempat tinggal baru.

Saat ini puluahan rumah yang berada disepanjang bantaran sungai pinjawan terancam hanyut, karena disaat hujan deras tiba, air sungai melebar, akibat dangkal, sehingga tidak mampu menambung dabit air. Masyarakta berharap, pemeritah melakukan normalisasi sungai batang pinjawan, agar musim hujan, air sungai tidak meluap dan mengalir disatu arah.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat