LIVE STREAMING

LIVE STREAMING TVRI SUMATERA BARAT
 
TINJAUAN ACARA

Selasa, 29 September 2020

08 : 05PAGI KITA
09 : 00ANAK INDONESIA
09 : 30SALINGKA TANI
10 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
11 : 00AYO HIDUP SEHAT
12 : 00MINANG MAIMBAU
12 : 30KULINER
13 : 00SENANDUNG MINANG
13 : 30SUMBAR MEMBANGUN
14 : 00CARITO LAPAU
15 : 00PADULI BASAMO
16 : 05SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SUARA PUBLIK
18 : 00NADA ISLAMI
18 : 30JEJAK ISLAMI
 
INFO COVID-19
 
 
SOSIAL MEDIA
 
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Limapuluh Kota10 Juni 2016 - 06:00 WIB
Pedagang pabukoan jual makanan bahan berbahaya
Pedagang pabukoan jual makanan bahan berbahaya

Reporter : Edward • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Razia mendadak yang digelar Badan Pengawas Obat dan Makanan Sumbar dan Dinas Kesehatan Kota Payakumbuh ke pusat penjualan makanan di Payakumbuh, berhasil menemukan makanan menggunakan bahan pewarna berbahaya bagi kesehatan.

Mengantisipasi peredaran makanan yang tidak layak untuk di konsumsi, Badan Pengawas Obat dan Makanan ( BPOM) Provinsi Sumatera Barat yang melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke lokasi pasar pabukoan Payakumbuh bersama Dinas Kesehatan, menemukan sejumlah makanan mengandung zat berbahaya yang dijual pedagang.

Salah satu makanan yang dijual di pasar pabukoan memiliki kandungan zat berbahaya. Zat berbahaya yang ditemukan didalam makanan kolak Dalimo milik pedagang pabukoan. Hal tersebut setelah petugas labor melakukan uji labor, dan menemukan makanan mengandung Rhodamin B. Dari ilmu kesehatan, zat Rhodamin B berfungsi untuk pewarna tekstil sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia.

Rhodamin B berbahaya bagi kesehatan manusia. Dari pengakuan oknum pedagang yang  menjual pabukoan yang diketahui positif mengandung zat berbahaya tersebut, zat pewarna tersebut dibeli di salah satu toko swalayan di kawasan Payakumbuh. Zat pewarna pakaian yang dipergunakan untuk makan jika di konsumsi akan berdampak bagi kesehatan masyarakat.

Dinas Kesehatan dan BPOM Sumbar menghimbau warga umtuk berhati-hati memilih makanan yang akan dibeli di pasar pabukoan, terutama terhadap makanan yang dicurigai mengandung zat berbahaya. Ciri-ciri makanan yang mengandung makanan berbahaya, diantaranya warnanya terlalu mencolok, bentuknya terlalu kenyal, dan bentuknya mengkilat.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa