Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Masyarakat Waspada DBD

Kontributor DaerahKesehatan 12 Oktober 2019 JAM 06:49:15 WIB

Masyarakat yang berada di wilayah kerja Puskesmas Ophir, diminta waspada terhadap ancaman penyakit demam berdarah dengue. Memasuki musim penghujan ancaman DBD di Kecamatan Luhak Nan Tuo ini menjadi tinggi, karena terdapat beberapa jorong terdekat yang tercatat sebagai daerah Endemik DBD. Memasuki musim penghujan, masyarakat yang bermukim di daerah Endemik DBD, diminta waspada terhadap jentik nyamuk dan ancaman penyakit deman berdarah dengue. Masyarakat diminta menerapkan pola hidup bersih dan sehat, serta melakukan kegiatan 3 M.

Di wilayah kerja Puskesmas Ophir, tercatat beberapa daerah yang pernah terjadi kasus DBD, bahkan ada korban yang meninggal dunia,  sehingga tim dari puskesmas dan bidan desa terus melakukan langkah antisipasi dengan memberikan penyuluhan kepada masyarakat. Sejak awal tahun, hingga bulan oktober ini, tercatat dua puluh dua kasus DBD yang ditangani petugas puskesmas. Beberapa diantaranya bahkan sempat dirawat di RSUD Pasaman Barat.

Kepala Tata Usaha Puskemas Ophir Eryuliardi mengatakan, pantisipasi DBD di bulan penghujan sudah menjadi perhatian khusus dari tim medis dan kesehatan lingkungan di daerah kerja mereka. Petugas berupaya menekan upaya pencegahan dari pada pengobatan DBD. 

Petugas mengaku,  sejak peristiwa di akhir tahun kemarin masyarakat terlihat sudah mulai lebih waspada, dan turut serta melakukan pencegahan, kemudian aktif dalam sosialiasi yang digelar oleh petugas medis, di tingkat jorong dan kegiatan posyandu. Petugas meminta, masyarakat bisa menjaga lingkungan rumah dari sarang nyamuk, dan ancaman DBD. selain itu masyarakat juga diminta  membiasakan menutup bak penampungan air, sehingga memutus mata rantai perkembangan nyamuk Aides Aigepti sebagai sumber penyakit DBD.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat