Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Minggu, 24 Juni 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
14 : 02BRIZIK
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00PAKET LEBARAN 2
17 : 30RANTAK
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
23-Jun-18 06:05:46 WIB
Kedalaman 10 Km
300 Km Southeast Sumbawabarat-ntb
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kabupaten Solok23 Desember 2015 - 07:49 WIB
Tikus serang ribuan hektar sawah, Petani merugi
Tikus serang ribuan hektar sawah,  Petani merugi

Reporter : Arie Pratama Setiawan • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Ribuan hektar sawah milik Petani di Kabupaten Solok diserang hama tikus. Akibatnya dalam  dua kali masa panen para Petani merugi. Para Petani di sawah ujung Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok keluhkan hama tikus yang tidak ada habis-habis nya menyerang tumbuhan padi milik Petani. Akibat hama tikus tersebut, para Petani sering merugi pada saat tiba waktunya masa panen. Hasil panen yang tidak menguntungkan tersebut telah dirasakan oleh petani sejak dalam dua kali masa panen.

Untuk menungurangi dampak kerugian dari hasil panen, para Petani telah berupaya membasmi tikus dengan cara di racun dan diadakan perburuan tikus namun hasilnya hama tikus tersebut tidak dapat di berantas.

Sementara itu racun yang diberikan bantuan oleh pihak Pemerintahan Kabupaten Solok  tidak dapat membasmi hama tikus. Adapun racun yang ampuh untuk membasmi berupa batu batrai, tetapi para Petani tidak mampu untuk membeli karena harga racun itu relatif mahal.

Sementara itu akibat banyaknya hama tikus, saat ini banyak sebagian para Petani beralih profesi dari bersawah menanam padi bertukar dengan  bercocok tanam atau berladang cabe dan tanaman lainnya.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat