Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pembagian Masker Kepada Pelajar

Kontributor DaerahKesehatan 21 September 2019 JAM 06:54:38 WIB

Mengantisipasi panyakit akibat kabut asap, pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat, bersama PMI membagikan masker kepada pelajar dan masyarakat. Sementara itu, pemerintah daerah juga mengeluarkan himbauan agar masyarakat  waspada menyikapi kabut asap kiriman dari bencana kebakaran hutan di provinsi tetangga. Setelah satu minggu terdampak kabut asap, dengan kondisi berbeda-beda, pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat, akhirnya mengeluarkan himbauan kepada masyarakat agar lebih waspada saat beraktivitas di luar rumah. Himbauan tersebut sebagai langkah pencegahan ancaman penyakit akibat kabut asap. Selain itu, PMI bersama pemerintah daerah Kabupaten Pasaman Barat, juga membagikan masker kepada pelajar, di sejumlah sekolah. Pembagian masker itu, sebagai wujud nyata dan cara mengedukasi anak-anak agar bisa menjaga dirinya, di tengah bencana kabut asap saat ini.

Bupati Pasaman Barat Yulianto mengatakan, kondisi kabut asap di Pasaman Barat, memang sudah mengancam kesehatan. Meski demikian, masyarakat dan pelajar masih bisa menjalankan aktivitas sebagai mana bisanya, dan dituntut lebih berhati-hati. Pemerintah sengaja membagikan masker kepada pelajar di sekolah dasar. Karena pelajar SD dinilai rentan terdampak penyakit akibat kabut asap, karena masih minimnya pengetahuan mereka, disisi lain, pemerintah meminta guru bisa mengedukasi dan mengajak siswa bisa lebih waspada.

Sejak satu minggu terakhir, berdasarkan pantauan Dinas Kesehatan, terjadi peningkatan jumlah kasus dan kunjungan masyarakat mengeluhkan Ispa di sejumlah Puskesmas. Namun peningkatan tersebut belum mengkhwatirkan dan masih bisa ditangani oleh Petugas Medis. Menyikapi kabut asap ini, pemerintah meminta semua pihak bisa ikut serta melakukan langkah antisipasi, seperti tokoh masyarakat, agama dan swasta, untuk menghindari dari bahaya asap. Masyarakat juga diminta menjaga daerah dan lahan masing-masing agar tidak terjadi kebakaran yang dapat menyumbang kabut asap.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat