Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Senin, 21 Oktober 2019

08 : 05SYIAR DAN SYAIR
09 : 00TALENTA MINANG 2019
16 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00CARITO LAPAU
 
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang20 September 2019 - 06:33 WIB
Vidia Bakti Menuju Koperasi Syariah
Vidia Bakti Menuju Koperasi Syariah

Reporter : JONI SARTIKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Dalam rangka menuju Koperasi Syariah pengurus Koperasi Vidia Bhakti TVRI Sumatera Barat menggelar sosialisasi di Lobby TVRI. Kedepanya Koperasi Syariah tidak diperkenankan menjalankan usaha dalam bidang yang di dalamya terdapat unsur Riba, Maysir dan Gharar.

Sejak berdirinya Koperasi Vidia Bhakti TVRI Sumatera Barat bersifat konvensional. Demi kemajuan dan Kesejahteraan anggota Koperasi Vidia Bhakti TVRI Sumatera Barat berencana menuju Koperasi Syariah.  Secara teknis, prinsip kegiatan dan tujuan usaha Koperasi Syariah berdasarkan pada Syariat Islam.

Disampimg itu juga berlandaskan  Pancasila dan UUD 1945 serta berazaskan kekeluargaan. Apabila koperasi memiliki unit usaha produktif simpan pinjam, maka seluruh produk dan opersionalnya harus di laksanakan dengan mengacu kepada Fatwa Dewan Syariah Nasional ( DSN ) Majelis Ulama Indonesia. Dalam kegiatan sosialisasi menuju Koperasi Syariah, pengurus menjelaskan  bahwa Koperasi Syariah tidak diperkenankan menjalankan usaha dalam bidang yang di dalamya terdapat unsur Riba, Maysir dan Gharar.

Di samping itu, Koperasi Syariah juga tidak diperkenankan melakukan Transaksi Derivatif atau kontrak Bilateral sebagai lembaga Keuangan Syariah lainya. Sehingga dukungan dari para anggota sangat diharapkan demi perubahan status yang membawa dampak baik untuk anggota. Sementara itu , tenaga paska pendamping Dinas Koperasi dan UMKM Kota Padang Khaidir mengatakan, untuk perubahan Koperasi Konvensional menjadi Koperasi Syariah terdapat syarat P-A-D Koperasi Syariah yang harus di penuhi. Khaidir menambahkan, jika Koperasi Vidia Bhakti sudah berubah status menjadi Koperasi Syariah, di harapkan anggota dapat bekerja sama dengan pihak lain seperti Bank Syariah. Dan juga diharapkan ada Investasi pihak lain menggunakan prinsip Mudharabah maupun prinsip Musyakah, sesuai dengan sifat koperasi dan fungsinya.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa