Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Sumbar Aceh siap di pasarkan sebagai Wisata Halal

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 25 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Kota Padang menjadi Pilot Project wisata Halal tingkat Nasional karena di nilai berkomitmen mengembangkan pariwisata halal yang menjadi Trend saat ini. Kota Padang dan Aceh juga disiapkan untuk mewakili Indonesisa pada ajang halal Tourism Destination nanti di Abudabi Uni Emirat Arab.

Sumatera Barat khususnya Kota Padang dan Aceh adalah 2 daerah yang dinilai siap mengembangkan konsep halal Tourism Destination atau wisata halal. Produk-produk halal seperti makanan dan penginapan sudah memegang konsep halal dalam setiap aktifitas dan prosesnya mengingat Sumatera Barat berfilosofi Adat Basandi Syarak Syarak Basandi Kitabullah - ABS - SBK.

Komitmen wisata halal ini mendapat dorongan Kementrian Pariwisata RI untuk terus dikembangkan dan dipasarkan di dalam dan luar negeri. Kota Padang bahkan menjadi pilot project wisata halal untuk tingkat Nasional mengingat komitmen yang sudah ditunjukkan Pemerintah Kota, pelaku pariwisata dan masyarakatnya. 

Sosialisasi wisata halal kepada seluruh Stakeholder menjadi tahapan yang harus dijalankan agar komitmen halal Tourism Destination atau wisata halal berjalan sesuai harapan, dengan konsep yang sama pada seluruh pelaku wisata dan masyarakat. Konsep wisata halal sesungguhnya menambah pelayanan kebutuhan muslim dengan Branding, Tagline, Pemasaran dan SDM.

Meski sudah menjadi konsep hidup keseharian, halal di Kota Padang ternyata baru secara faktual. Legalitas berupa Sertifikasi halal pada semua proses segera direalisasikan bekerjasama dengan semua pelaku usaha dan pariwisata. Sebagai provinsi mayoritas muslim, lebih dari 70 % kunjungan wisatawan dalam dan mancanegara adalah muslim, seperti dari Malaysia dan Singapura.

Sosialisasi strategi kerja sama pemasaran wisata halal diikuti para pelaku pariwisata, pemilik hotel dan Stakeholder kepariwisataan lainnya. Sosialisasi strategi pemasaran pariwisata halal tidak hanya digelar di Sumatera Barat, tapi juga 4 daerah lainnya di Indonesia yakni Aceh, Makassar, Bandung, dan Jakarta.

Wartawan : maqri nelvi/ agusri
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat