Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Selasa, 25 Februari 2020

08 : 05PAGI KITA (RE-RUN)
09 : 00SYIAR DAN SYAIR
16 : 01SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00SUARA PUBLIK
 
 
Sosial Media
 
Informasi Publik
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Pariaman17 September 2019 - 06:11 WIB
Pesta Tabuik Dihadiri Ratusan Ribu Pengunjung
Pesta Tabuik Dihadiri Ratusan Ribu Pengunjung

Reporter : ABDUL/ SYARIL • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Ratusan ribu pengunjung, menghadiri puncak pesta budaya Oyak Tabuik di Kota Pariaman, minggu pagi. Pesta budaya Oyak Tabuik Pariaman ini digelar dalam memperingati peristiwa kematian Cucu Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasalam Husein yang mati terbunuh saat terjadinya perang di Padang Karbala melawan tentara Raja Yazid pada 10 Muharam.Ratusan ribu pengunjung ini, mulai memadati Kota Pariaman sejak pukul 08:00 WIB minggu pagi hinggga petang hari, untuk menyaksikan prosesi puncak Oyak  Tabuik di Kota Pariaman, yang diawali dengan prosesi Tabuik Naik Pangkek, kemudian dilanjutkan dengan prosesi Oyak Tabuik hingga Tabuik dibuang kelaut.

Terlihat, ratusan ribu pengunjung memadati objek wisata Pantai Gandoriah objek andalan Kota Pariaman saat ini, sebagai lokasi tempat dioyak dan dibuangnya dua Tabuik, yakni  Tabuik Pasa dan Tabuik SubarangPengunjung datang dari sejumlah daerah di Indonesia, termasuk wisatawan Mancanegara turut hadir menyaksikan prosesi puncak Oyak Tabuik Pariaman tahun 2019 ini, sebelum Tabuik dibuang kelaut, Tabuik diarak beriringan dari lokasi prosesi Tabuik Naik Pangkek, menujuh laut.

Genius Umar Walikota Pariaman menyebut, pesta budaya Oyak Tabuik Pariaman, merupakan agenda tahunan yang dihelat masyarakat Pariaman pada setiap bulan muharam, sebagai penghormatan atas wafatnya Cucu Nabi Muhammad Salallah HU’LAIHI Wassalam, Husein yang tewas terbunuh saat terjadinya perang di Padang Karbala melawan tentara Raja Yazid,  pada 10 Muharam 61 Hijriah atau 680 Masehi di Irak.Diharapkan pesta budaya Oyak Tabuik di Pariaman terus bisa menggait wisatawan datang Ke Pariaman.Salah seorang pengunjung asal Padang, mengaku senang  bisa datang kekota Pariaman menyaksikan pesta Oyak Tabuik, bahkan kedatanganya musim Tabuik saat ini merupakan kesekian kalinya. menurutnya pesta Oyak Tabuik sangat unik dan jarang ditemui didearh lain dan untuk bisa menyaksikanya harus datang ke Kota Pariaman.

Usai kedua Tabuik dioyak dari Lapangan Merdeka menujuh Pantai, Tabuik pun akhirnya dibuang Kelaut. Bahkan uniknya, kedua Tabuik yang sudah dibuang Kelaut diperebutkan warga yang datang, untuk mengambil bagian dari sisa-sisa Tabuik, sebagai kenangan-kenangan dan tanda berkunjung Kepariaman. Usai Tabuik dibuang Kelaut,  menandakan bahwa seluruh kegiatan prosesi Tabuik sudah berkahir, artinya antara Kubu Tabuik Subarang dengan Tabuik Pasa tidak lagi ada perbedaan dan akan kembali bergaul seperti biasa.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa