Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Kabut Asap Turunkan Kualitas Udara

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 September 2019 JAM 06:08:55 WIB

Kualitas udara di Payakumbuh sejak beberapa waktu terakhir mengalami penurunan akibat terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dibeberapa daerah tetangga. Meski mengalami penurunan kualitas, kabut asap ini  belum berdampak kepada kesehatan masyarakat.

Kebakaran hutan dan lahan disejumlah daerah dipulau Sumatera sejak beberapa waktu terakhir berdampak pada Kota Payakumbuh dan Kabupaten 50 Kota. Kabut asap terlihat pada pagi dan sore hari. Meski belum berdampak pada kesehatan masyarakat, namun kualitas udara di daerah itu mulai mengalami penurunan.

Pemko Payakumbuh juga telah mengeluarkan surat edaran agar masyarakat tidak melakukan pembakaran sampah yang bisa berdampak semakin turunnya kualitas udara. Kualitas udara dinyatakan menurun diketahui dari hasil pengukuran Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang dilakukan Stasiun Pemantau Atmosfir Global dari  Kabupaten Agam di beberapa titik di Payakumbuh.

Penurunan kualitas udara di Payakumbuh masih dalam taraf aman dan tidak mengkhawatirkan. Mengantisipasi dampak buruk dari kabut asap yang terjadi, masyarakat dihimbau tidak banyak beraktivitas di luar rumah.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk menggunakan masker jika  merasa perlu saat bepergiaan.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat