Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Jum'at, 15 November 2019

08 : 05SYIAR DAN SYAIR
09 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
 
 
Sosial Media
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Solok selatan11 September 2019 - 06:18 WIB
6 Hektar Lahan Terbakar Di Solsel.
6 Hektar Lahan Terbakar Di Solsel.

Reporter : SAWAL NUR/ JONI BAKRI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

6 hektar lahan sawit warga terbakar di Daerah Binjai Nagari Talunan  Kecamatan Sangir Balai Janggo Solok Selatan. Kebakaran hutan ini, diduga terjadi akibat pembukaan lahan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Akibat kemarau panjang, beberapa Kabupaten, Kota di Sumatera Barat rawan terjadi kebakaran.

Kabid kedaruratan dan logistik  BPBD Sumatera Barat Rumainur mengatakan,  6 hektar lahan terbakar ini berada dilokasi  Binjai, Lima kilometer dari Jalan Raya, yang berdekatan dengan lokasi antara Nagari Talunan, Kecamatan Sangir Balai Janggo dengan Nagari Abai Kecamatan Sangir Batanghari Solok Selatan.

Hingga saat ini pihak Kepolisian dan BPBD telah berhasil memadamkan api dengan menurunkan dua unit mobil pemadam kebakaran. Pihak BPBD dan pihak Kepolisian masih terus melakukan patroli di sekitar lokasi kebakaran lahan ini, untuk mengantisipasi terjadinya kembali kebakaran  mengingat kecepatan angin di lokasi  cukup tinggi. Sementara itu, tidak hanya di Solok Selatan, di daerah Dahramasraya juga terjadi kebakaran lahan. 3 titik api juga terpantau di Daerah Dharmasraya, dengan luas mencapai 3 hingga  4 hektar.

Kebakaran lahan ini di picu akibat kekeringan yang terjadi di daerah tersebut. Ketika warga yang membuka lahan dengan cara dibakar mempercepat potensi perluasan kebakaran.  Berikut keterangan dari Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Sumbar. BPBD Sumatera Barat menghimbau warga yang berada di daerah yang dilanda kekeringan  tidak mbuka lahan dengan cara dibakar. Saat ini daerah yang mengalami kekeringan sangat mudah memicu terjadinya  kebakaran hutan dan lahan.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa