Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Pesta Budaya Tabuik Piaman Akan Segera Digelar

Kontributor DaerahSeni Budaya 01 September 2019 JAM 06:42:47 WIB

Kota Pariaman kembali menggelar Pesta Budaya Oyak Tabuik Piaman tahun 2019, yang dilaksanakan mulai dari tanggal 1 September 2019. Pesona Oyak Tabuik merupakan salah satu seni tradisional dan permainan anak nagari yang digelar Pemko Pariaman, dalam rangka perayaan untuk mengenang kepahlawanan dan kematian cucu Nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husein.

Pemerintah Kota Pariaman, kembali menggelar Pesta Budaya Oyak Tabuik Piaman yang akan dilaksanakan dari 1 September 2019 hingga 15 hari kedepan, yang dimulai dengan prosesi pengambilan tanah dan ditutup dengan prosesi tabuik dibuang kelaut. Penyelenggaraan Pesta Budaya Tabuik kali ini cukup unik berbeda dengan penyelenggaran tahun sebelumnya, dimana pelaksanaan rangkaian Pesta Budaya Tabuik hitungan dalam penanggalan Hijriyah, sama dengan kalender Masehi 2019.

Tahun ini kalender Hijriyah dengan Masehi bersamaan, tanggal 1 Muharram 1441 Hijriyah, bertepatan dengan 1 September 2019. Genius Umar Wali Kota Pariaman,  menyebutkan,  ada dua tabuik besar nantinya yang akan di oyak oleh anak nagari di Pariaman, yakni Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang. Jika tahun-tahun sebelumnya hanya dua tabuik besar yang dioyak oleh anak nagari, tahun ini, Pemerintah Kota Pariaman juga memintak seluruh desa didaerah itu, juga ikut membuat tabuik, yakni Lenong atau tabuik berukuran kecil.

Sehingga Pesta Budaya Tabuik di Pariaman akan semakin meriah, dengan demikian jumlah kunjungan wisatawan datang kepariaman akan semakin meningkat. Pesta Oyak Tabuik merupakan salah satu seni tradisional dan permainan anak nagari yang digelar Pemko Pariaman/ dalam rangka perayaan untuk mengenang sikap kepahlawanan dan kematian cucu nabi Muhammad SAW, Hasan dan Husein.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat