Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Penderita DBD Di Pukesmas Alai Kota Padang

TVRI Sumatera BaratKesehatan 31 Agustus 2019 JAM 06:32:49 WIB

Jumlah penderita demam berdarah di puskesmas Alai Kota Padang tahun ini turun sekitar 50 persen  dibanding tahun lalu. Pada tahun 2018 penderita DBD di puskesmas ini berjumlah 15 pasien untuk tahun 2019 berkurang  6 pasien.

Wilayah kerja puskesmas Alai Kota Padang memilki wilayah kerja dua kelurahan yakni kelurahan Alai Parak Kopi dan Kelurahan Gunung Pangilun. Untuk tahun 2018 lalu jumlah penderita demam berdarah atau DBD di daerah ini berjumlah 15 orang yang tersebar di di Kelurahan  Gunung Pangimun serta Alai Parak Kopi.

Berdasarkan informasi dari petugas kesehatan puskesma Alai Kartina yang juga penaggungjawab Promkes Puskesmas Alai penderita deman berdarah di Pukesmas Alai hingga bulan Agustus ini berjumlah 6 pasien. Dari jumlah tersebut pasien DBD terbanyak di Kelurahan Gunung Pangilun. Ini diakibatkan oleh saluran air atau draianase yang tersumbat di kelurahan ini sehingga berdampak terhadap berkembang nyamuk.

Namun menurut Kartina di banding tahun lalu jumalh pasien di Puskesmas Alai mengalami  penurun dari 15 pasien menjadi 6 pasien. Penurunan ini disebabkan  kesadaran masyarkat terhadap kebersihan lingklungan di wilayah ini sudah muali tinggi. Sementara itu pihak Puskesmas Alai juga menghimbau   kepada masyarakat yang ditemukan gejala demam berdarah untuk segera memeriksa di diri kepetugas kesehatan di puskesmas agar segera mendapat pertolongan.

 

Wartawan : NURUL QALBI/AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat