Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Rektor Asing Belum Dibutuhkan di Kota Padang

TVRI Sumatera BaratPendidikan 28 Agustus 2019 JAM 06:01:32 WIB

Pihak perguruan tinggi swasta Kota Padang menilai kehadiran rektor asing di daerah ini belum dibutuhkan. Hal ini karena program pendidikan yang dicanangkan rektor asing akan terkendala oleh perbedaan kultur budaya dan kearifan lokal yang dianut masyarakat. Pemerintah Indonesia dari waktu – kewaktu terus berupaya meningkatkan mutu dan kualitas pendidikan termasuk  di tingkat perguruan tinggi.

Salah satu upaya pemerintah  meningkatkan kualitas pendidikan ini  dengan membuka ruang bagi rektor asing untuk masuk  ke Indonesia. Namun program ini mengalami perdebatan dikalangan perguruan tinggi termasuk dari rektor  Universitas Eka Sakti(Unes) Padang. Sebelum menjalan program rektor asing,  pemerintah perlu memperhatikan beberapa aspek diantara aspek  hukum yang menjadi  pedoman  hukum bagi perguruan tinggi negeri dan swasta yang menggunakan  rektor asing.

Sementara itu ketua Yayasan Universitas Eka Sakti Padang menilai program manajemen pendidikan yang akan dilaksanakan rektor asing  akan  mengalami kendala. Hal ini disebabkan adanya  perbedayaan kultur budaya antara rektor asing dengan kearifan lokal yang ada pada masyarakat disekitar perguruan tinggi. Mengingat pendidikan tinggi di Indonesia menganut dasar Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Selain pendidikan dan penelitian, perguruan tinggi ini juga dituntut  melakukan pengabdian kepada masayarkat. Kalangan perguruan tinggi  menilai belum saatnya perguruan tinggi di Kota Padang dipimpin oleh rektor asing. Selain terkendala perbedaan budaya, kehadiran rektor asing ini harus memperhatikan  upaya pembangunan karakter  generasi muda yang berbasis kearifan lokal.

Wartawan : RISNALDI / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat