Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Rabu, 26 Juni 2019

08 : 02PAGI KITA
09 : 00LENSA OLAH RAGA
16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00AYO HIDUP SEHAT
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang16 Mei 2016 - 06:00 WIB
Patahan Megathrust dan Sesar Sumatera terus bergerak
Patahan Megathrust dan Sesar Sumatera terus bergerak

Reporter : Harmalia cahyani / Atvriani • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Hingga saat ini lempengan di dua lokasi, Megathrust dan Sesar Sumatera masih terus bergerak. Dari prediksi BMKG pusat dan daerah, potensi gempa yang terjadi di dua lokasi tersebut akan menimbulkan tsunami untuk wilayah sekitarnya.  

Sampai saat ini di Sumatera Barat potensi gempa masih berada di patahan Megathrust dan Sesar Sumatera. Dua lokasi tersebut berada di sekitar daerah Kabupaten Kepulauan Mentawai dan Kota Padang. Di lokasi Megathrust potensi gempa terdapat di Lempeng Eurasia dan Lempeng India Australia. Menurut perkiraan BMKG Pusat dan Sumatera Barat, jika gempa terjadi di dua lokasi tersebut akan berpotensi tsunami di daerah Mentawai dan Kota Padang.

Potensi gempa yang terjadi tersebut diprediksi berkekuatan sekitar 8,8 skala righter untuk daerah Mentawai. Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan daerah yang harus di waspadai, sebab lempengan yang berada di Megathrust dan Sesar Sumatera tersebut terus bergerak setiap waktunya. Untuk itu di harapkan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kota bekerja sama bergerak mengambil langkah dan menyusun strategi sebagai antisipasi jika gempa terjadi di titik lokasi tersebut. 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa