Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Panjat Pinang Tepi Danau

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 21 Agustus 2019 JAM 06:56:39 WIB

Pemuda Jorong Batung Panjang, Kenagarian Sungai Batang gelar tradisi unik panjat pinang di tepi danau. Kegiatan perayaan Hut Kemerdekaan RI di Kampung Buya Hamka tersebut digelar meriah disertai perlombaan anak-anak lainnya.  Beginilah perayaan Hut Kemerdekaan RI ke 74 tahun di Jorong Batung Panjang, Kenagarian Sungai Batang, Kabupaten Agam. Ratusan anak-anak, pemuda-pemudi dan ibu-ibu turut memeriahkan suasana dengan berbagai perlombaan tradisional.

Salah satu tradisi unik yang dilakukan yaitu Panjat Pinang di tepi danau, selain berbeda dengan panjat pinang pada umumnya. Selain mempererat persatuan dan kesatuan pemuda, acara ini juga untuk membangkitkan semangat Nasionalisme yang sempat memudar di tengah masyarakat. Selain panjat pinang dan perang bantal di tepi danau, pertandingan futsal dalam sawah juga menjadi hiburan menarik di kampung halaman Buya Hamka tersebut.

Fajri, sebagai Wakil Koordinator Komunitas Pemuda Generasi Hamka, mewakili pemuda setempat berharap kegiatan ini  semakin mempererat tali silahturahmi, serta sikap nasionalisme masyarakat. Kegiatan tersebut akan lebih diprogram dan ditingkatkan lebih baik lagi. Bahkan akan dikembangkan menjadi atraksi wisata budaya di Kampung Ulama tersebut. Kemasan antraksi budaya akan disingkronkan dengan situs seperti Museum Buya Hamka, Kutub Chanah dan Jenjang Asmaul Husnah.

Irfan Caniago, Wali Jorong Batung Panjang menambahkan, kegiatan tersebut berkat semangat pemuda-pemudi yang mulai bangkit. Berkat dukungan Komunitas Pemuda Generasi Hamka yang baru saja terbentuk, membangkitkan persatuan antar tapian.  Kegiatan tersebut diharapkan terus ditingkatkan dan menjadi program tahunan pemuda Jorong Batung Panjang nantinya.

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat