Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pengadilan Optimalkan Sdm Dan Sarana

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 20 Agustus 2019 JAM 06:20:34 WIB

Tingginya partisipasi masyarakat dan meningkatnya jumlah perkara, memaksa pengadilan negeri Kabupaten Pasaman Barat, mengoptimalkan SDM dan sarana yang ada untuk melayani masyarakat. Disisi lain, pengadilan juga berupaya memberikan layanan peradilan memanfaatkan teknologi, untuk mengoptimalkan waktu.

Meningkatnya jumlah perkara, yang masuk ke pangadilan negeri atau pengadilan agama, membuat petugas di pengadilan harus mengoptimalkan SDM pegawai, hakim dan sarana yang ada, agar pelayanan masyarakat tetap bisa berjalan. Hingga hari ini, pengadilan negeri Pasaman Barat sudah memproses sekitar seratus sepuluh perkara pidana, tiga puluh pekara perdata, serta sekitar seratus perdata permohonan, disusul tiga perkara pra peradilan, dan empat perkara anak, dengan tiga orang hakim.

Dari total perkara di atas, perkara pidana pencurian, narkotika dan cabul menduduki posisi teratas, disusul dengan perkara lainnya. Sehingga PN Pasaman Barat, harus mengagendakan sidang hingga malam hari, agar bisa menyelesaikan perkara. Sejak beberapa bulan terkhir, PN Pasaman Barat terpaksa menggelar sidang hakim tunggal, akibat kekurangan hakim. Sementara untuk perkara tertentu pengadilan negeri Pasaman Barat tetap menggelar sidang majelis.

Humas pengadilan negeri Pasaman Barat Zulfikar berlian berharap, di usia ke tujuh puluh empat tahun ini, adanya penambahan hakim, pegawai dan sarana, agar seluruh pencari keadilan bisa terlayani dengan baik. Serta segera terealisasinya wacana persidangan elektornik di seluruh pengadila. Berdasarkan data dari pengadilan, jumlah perkara di akan terus meningkat setiap tahunnya. Khusus tahun ini, petugas memprediksi jumlah pencari keadilan dan perkara di Pasaman Barat, meningkat dari tahun sebelumnnya.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat