Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Curah hujan tinggi, BPBD himbau warga waspada ancaman longsor

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 12 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah -BPBD- Sumatera Barat menghimbau warga agar menghindari daerah yang rawan longsor. Kondisi tersebut dikarenakan tingginya intensitas hujan disertai petir beberapa minggu terakhir.

Tingginya curah hujan di beberapa wilayah di Sumatera Barat minggu terakhir ini dapat memicu terjadinya longsor di sejumlah tempat. Oleh karena itu PLT Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Zulfiatno menghimbau seluruh warga agar tetap waspada dan menghindari jalan-jalan yang akan berpotensi terjadinya longsor.

Sumatera Barat merupakan daerah perbukitan yang patut diwaspadai dengan terjadinya longsor, banjir dan pohon tumbang. Curah hujan yang tinggi belakangan ini telah mengakibatkan terjadinya longsor di beberapa titik seperti yang baru terjadi di jalan Padang Solok. Oleh karena itu kepala BPBD Sumatera Barat menghimbau pengendara agar dapat menghindari daerah-daerah rawan longsor saat terjadi hujan lebat dan meningkatkan kewaspadaannya.

Untuk mengantisipasi terjadinya korban jiwa BPBD Sumatera Barat telah berkoordinasi dengan Kabupaten Kota untuk memperbaiki rambu-rambu di kawasan rawan longsor serta menyiagakan alat berat di daerah yang sering terjadi longsor. Hujan lebat disertai petir saat ini sangatlah berbahaya bagi masyarakat terutama bagi para pengendara dan masyarakat yang berada di luar ruangan, BPBD Sumatera Barat bersama kelompok siaga saat ini telah menyiagakan anggotanya dan meningkatkan kewaspadaan karena curah hujan yang tinggi beberapa hari terakhir.

Dengan tingginya curah hujan kesadaran masyarakat untuk membersihkan drainase sekitar tempat tinggalnya juga diharapkan agrat tidak terjadi banjir.

Wartawan : Atfriandi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat