Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Senin, 19 Agustus 2019

08 : 00SYIAR DAN SYAIR
09 : 00TALENTA MINANG
16 : 00SUMATERA BARAT HARI INI
17 : 00CARITO LAPAU
 
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Agam13 Agustus 2019 - 06:49 WIB
Peserta Qurban di Nagari Maninjau Mengalami Peningkatan
Peserta Qurban di Nagari Maninjau Mengalami Peningkatan

Reporter : RUDI • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Pada hari Raya Idul Adha tahun ini jumlah hewan qurban di Nagari Maninjau mengalami  peningkatan. Hal ini disebabkan mulai tingginya partisipasi masyarakat dan perantau untuk ikut menjalankan sunnah berqurban.

Jumlah hewan qurban di Masjid Ummil Qurra,  Jorong Bancah, Nagari Maninjau terjadi peningkatan. Tahun 2018 lalu  hanya 9 ekor, di tahun 2019 ini meningkat menjadi 11 ekor. Peningkatan ini disebabkan tingginya partisipasi masyarakat dan perantau  turut serta berqurban di kampung halaman. Selain di Masjid Ummil Qurra, di jorong lain juga terjadi peningkatan. seperti di Jorong Pasa, terdapat 25 ekor yang sebelumnya hanya 19 ekor.

Lebih dari 400 kepala keluarga kurang mampu memperoleh hasil qurban, menerima daging dan ikut menikmati ibadah dan sunnah umat muslim tersebut. Selain saling membantu, jalinan silahturahmi masyarakat dan perantau semakin lebih baik. Sementara itu, khusus untuk jumlah panitia pelaksana di Masjid Ummil Qurra, ada 55 orang pekerja. Satu ekor sapi, dikerjakan  5 orang pekerja yang akan bertanggungjawab dalam proses penyemblihan.

Jumlah kupon yang tersebar sesuai jumlah kepala rumah tangga di setiap jorong. Diperioritaskan keluarga fakir dan miskin sehingga mereka yang jarang menikmati daging sapi, dapat dirasakan pada hari Raya Idul Adha 1440 Hijriyah ini. Pengamalan ibadah qurban tersebut diharapkan dapat menekan dan  membunuh sifat hewani yang ada dalam setiap individu. Hal ini sesuai dengan  nilai-nilai pengorbanan nabi Ibrahim Alahi Salam, menjalankan perintah Allah SWT.

 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa