Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Tradisi Penyembelihan Hewan Qurban

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 12 Agustus 2019 JAM 06:14:29 WIB

Ada yang berbeda pada prosesi penyembelihan hewan kurban yang dilakukan Jamaah Tarekat Syattariyah di Masjid Nurul Huda di Jalan Durian RT 02 RW 7 Purus Baru, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat Kota Padang.

Sebelum di sembelih hewan qurban ini terlebih dahulu di mandikan dengan air limau dan di hias layaknya manusia. Beginilah proses pemotongan hewan qurban di Masjid Nurul Huda Jalan Durian RT 02 RW 7 Purus Baru, Kelurahan Ujung Gurun, Kecamatan Padang Barat,  Kota Padang. Pemotongan hewan qurban di daerah ini sedikit berbeda dengan pemotongan hewan qurban lainnya.

Karena hewan qurban yang akan di sembelih terlebih dahulu dimandikan dengan air limau yang di campur dengan bunga dan dihias layaknya manusia. Campuran air tersebut kemudian disirami ke kepala dan badan sapi qurban yang di sembelih. Imam Masjid Nurul Huda, Buya Bainullah Tuanku Elok menjelaskan,  prosesi penyembelihan hewan ini merupakan tradisi Jamaah Tarekat Syattariyah yang dilakukan turun menurun.

Hal tersebut sesuai dengan Syaraiat Islam yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim ketika mengorbankan anaknya dan kemudian diganti oleh Allah dengan hewan. Jemaah Tarekat Syattariyah berkeyakinan proses ini merupakan tradisi yang pernah dilakukan oleh Nabi Ibrahim ketika mengorbankan anaknya. Selain di Mesjid Nurul Huda,  Jamaah Tarekat Syattariyah tersebar di seluruh daerah di Sumatera Barat, Tarekat Sattariah ini berasal dari Pariaman kemudian menyebar ke seluruh daerah.

Wartawan : TUA SAMAN S
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat