Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pencak Silat Warisan Budaya Indonesia

Kontributor DaerahSeni Budaya 10 Agustus 2019 JAM 06:21:51 WIB

Pemerintah Provinsi Sumatera Barat khususnya Dinas Kebudayaan, sangat berharap pencak silat mendapat pengakuan dari UNESCO sebagai warisan Budaya Indonesia. Sehingga hal ini berdampak terhadap perkembangan dan pelestarian dari pencak silat itu sendiri.

Mengajukan  sebuah hasil kebudayaan menjadi warisan budaya dunia versi UNESCO sangatlah membutuhkan waktu. Yakni butuh persiapan dan penilaian hingga akhirnya ditetapkan. Seperti pengusulan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia kepada UNESCO yang telah dilakukan sejak Maret 2017 lalu.

Hingga saat ini pengusulkan pencak silat sebagai warisan budaya Indonesia sedang dalam tahap proses verifikasi dan pendataan kelengkapan persyaratannya. Namun diperkirakan akhir tahun 2019 ini pencak silat akan diakui UNESCO sebagai warisan budaya dunia tak benda.

Sehingga tahun 2019 ini Indonesia dua kali mendapat pengakuan warisan budaya dunia oleh UNESCO setelah beberapa waktu lalu Ombilin Sawahlunto ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Dengan mendapatkan pengakuan oleh UNESCO nantinya  maka peluang untuk memasuki cabang olah raga pencak silat sebagi cabang olah raga yang dipertandingkan di olimpiade akan lebih mudah.

 

Wartawan : NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat