Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Cuaca Ekstrim Melanda Kota Padang

TVRI Sumatera BaratIklim 10 Agustus 2019 JAM 06:05:26 WIB

Angin kencang dan hujan lebat  melanda Kota Padang pagi tadi  sekitar pukul 10.00 WIB. Data dari BMKG Minangkabau, potensi hujan di sertai kilat dan angin kencang ini, terjadi dalam durasi singkat,  namun warga diminta untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrim.

Bedasarkan analisa dinamika atmosfir, angin kencang dan hujan lebat ini diakibatkan oleh adanya pertumbuhan sel awan konvektif di perairan Samudera Hindia, yang bergerak hingga ke daratan Sumatera Barat. Pantauan dari BMKG Minangkabau, sel awan ini berakibat menimbulkan angin kencang dan disusul oleh hujan dengan intensitas sedang hingga lebat dalam durasi singkat.

Daerah yang terdampak cuaca ekstrim ini antara lain Kep. Mentawai, Pasaman Barat, Agam, Padang Pariaman, Padang Panjang, Bukittinggi, Padang, Pesisir Selatan dan Solok. Sementara itu data dari BMKG Minangkabau, kecepatan angin maksimum mencapai 65km per jam. Dimana kondisi cuaca tersebut dapat dikategorikan sebagai angin kencang. Akibat cuaca ekstrim ini, sejumlah pohon tumbang di Kota Padang, cuaca ekstrim ini terjadi di Kota Padang sekitar pukul 10.00 WIB dengan durasi singkat.

BMKG masih memperkirakan kondisi cuaca buruk, berlangsung hingga siang  sampai sore hari ini. Terkait cuaca ekstrim, pihak BMKG Minangkabau menghimbau kepada warga untuk tetap berhati-hati saat melakukan aktifitas di luar rumah, terutama menghindari pohon yang berpotensi tumbang.

Wartawan : SAWAL NUR/ JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat