Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Waspada Penyakit Antrax Pada Hewan Qurban

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 08 Agustus 2019 JAM 06:30:00 WIB

Memasuki Hari Raya Qurban 1440 Hijriah, Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan menghimbau masyarakat untuk mewaspadai Penyakit Antrax pada hewan qurban.  Masyarakat dihimbau aktif untuk meminta dokumen lengkap seperti surat keterangan kesehatan hewan terhadap hewan yang akan dikurbankan. Menjelang Hari Raya Idul Adha 1440 Hijriah, lalu-lintas hewan ternak antar daerah meningkat. Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumatera Barat mewaspadai hewan ternak dari luar daerah yang dijual di sejumlah pasar hewan.

Penyakit hewan ternak yang patut diwaspadai saat ini yakni Sapi Gila atau Antraks yang merupakan penyakit menular dan mematikan yang disebabkan oleh bakteri pada ternak. Hewan yang paling mungkin terkena penyakit antraks adalah sapi, kerbau, kambing dan domba yang pada dasarnya merupakan hewan kurban ketika perayaan Idul Adha. Meskipun dari hasil maping yang dilakukan Dinas Peternakan Sumbar saat ini tidak ditemukan penyakit yang berbahaya seperti Antraxs.

Namun tidak menutup kemungkinan untuk selalu diwaspadai, mengingat hewan ternak di Sumbar juga didatangkan dari luar Provinsi Sumbar seperti dari Pulau Jawa, NTT, dan NTB yang merupakan endemik penyakit antrax. Mengantisipasi penyebaran penyakit berbahaya ini pada hewan kurban, Dinas Peternakan bersama tim gabungan mengintensifkan pemmeriksaan hewan kurban di post chek point, yang berada di pebatasan provinsi. Diantaranya di Kab. Dharmasraya, Sijunjung, Kab. Pasaman, Kab. Pesisir, dan Kab. Lima Puluh Kota.

Ada 2 syarat sapi atau hewan lain yang mau dikurbankan, yakni boleh dipotong karena sehat, dan tidak boleh dipotong sama sekali karena suatu penyakit. Karena tidak hanya penyakit Antrax, namun penyakit hewan ternak lainnya yang harus diwaspadai yakni seperti cacingan dan parasit darah.

Wartawan : DELIMA/ NURUL QALBI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat