Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 27 April 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00NUANSA IMAN
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
26-Apr-18 23:56:01 WIB
Kedalaman 10 Km
74 Km Northeast Sarmi-papua
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
TVRI Sumatera Barat • Kota Padang03 Mei 2016 - 06:42 WIB
Izin prinsip 300 TV dan Radio sudah mati
Izin prinsip 300 TV dan Radio sudah mati

Reporter : Maqri nelvi/ Agusri • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sekitar tiga ratus televisi dan radio di Indonesia sudah tidak memiliki izin penyiaran akibat kelalaian dalam pengurusan perpanjangan izin prinsip tersebut. Untuk itu, semua Lembaga Penyiaran dihimbau memperpanjang izin sesegera mungkin setidaknya 1 tahun sebelum izin tersebut habis.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia menghimbau seluruh Lembaga Penyiaran di Indonesia mengecek izin penyiaran masing-masing. Jika masa berlaku izin prinsip tinggal 1 tahun lagi, Lembaga Penyiaran tersebut baik televisi maupun radio, diminta segera mengajukan perpanjangan izin ke Komisi Penyiaran Indonesia KPI Daerah masing-masing dengan melengkapi seluruh persyaratan, yang kini lebih sederhana dan memiliki kepastian waktu pengurusan.

Dalam pengawasan Kominfo RI saat ini, izin penyiaran Tiga Ratusan Televisi dan Radio di Indonesia sudah mati. Sebagian dari TV dan Radio tersebut kini tengah dievaluasi Kementerian Komunikasi dan Informatika apakah izin akan keluarkan kembali. Bagi Lembaga Penyiaran yang menyalahi aturan, Kominfo memberikan sanksi berupa teguran pada masing-masing Lembaga Penyiaran tersebut.

Sementara 10 Televisi Swasta Nasional sudah mengajukan perpanjangan izin penyiaran dan sedang dalam proses. Hal ini terungkap dalam Forum Dialog Tata Cara dan Persyaratan Perpanjangan Izin Penyelenggaraan Penyiaran Lembaga Penyiaran, jasa penyiaran radio dan televisi di Indonesia yang diikuti sejumlah Pemilik dan Pengelola Media elektronik di Sumatera Barat.

Di Sumatera Barat sendiri, setiap tahunnya terdapat 30-an pegajuan izin yang disampaikan dan diproses di KPID, di dominasi radio, radio komunitas dan beberapa Televisi. Melalui dialog ini kiranya akan terungkap persoalan didunia penyiaran dan terdapat kesepakatan serta kepastian hukum terkait penyiaran dan perizinan tersebut. 

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat