Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Simulasi Gempa Dan Tsunami

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 03 Agustus 2019 JAM 06:18:43 WIB

Tentara Nasional Indonesia dari KODIM 0312 , Padang beserta pemerintah kota Padang menggelar simulasi gempa dan tsunami pada tanggal 1 Agustus 2019. Dengan seringnya di gelar simulasi gempa dan tsunami di kota Padang, diharapkan warga kota Padang siap siaga dan cerdas dalam menghadapi bencana gempa dan tsunami yang bisa terjadi kapan saja. Kodim 0312 Padang beserta dengan pemerintah kota Padang menggelar simulasi gempa tsunami . Simulasi gempa dilakukan untuk terus mengedukasi masyarakat  agar bisa siap siaga dan cerdas dalam menghadapi bencana gempa tsunami yang menjadi ancaman kota padang yang memiliki posisi kota yang tidak jauh dari bibir pantai.

Dalam simulasi yang di ikuti oleh ratusan pelajar dari sekolah menengah pertama dan sekolah dasar salah satu sekolah swasta di kota Padang ini memperlihatkan bagaimana cara menyelamatkan diri apabila kota Padang di goncang gempa besar dan berpotensi tsunami.

 Seperti bersembunyi di bawah meja agar tidak tertimpa oleh reruntuhan puing bangunan yang di lanjutkan dengan mencari lapangan untuk menghindari reruntuhan potensi gedung runtuh/ serta mencari tempat zona aman dengan berlari mungkin yang bisa memanfaatkan angkot – angkot di kota Padang yang saat ini di wajibkan juga memiliki peran dalam melakukan evakuasi masyarakat ketika terjadi gempa besar dan berpotensi tsunami di kota Padang.

Letkol Czi Rielman Yudha mengatakan, saat terjadinya gempa besar yang berpotensi tsunami, TNI akan bekerjasama dengan instansi badan penanggulangan bencana untuk ikut dalam mengevakuasi masyarakat. TNI dan PEMKO Padang berharap rutinnya di gelar simulasi gempa dan tsunami di kota Padang dapat mengedukasi masyarakat untuk siap dan cerdas dalam menghadapi bencana seperti gempa dan tsunami yang bisa saja mengancam kota Padang.

 

Wartawan : REDO JAYUSMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat