Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Rabu, 17 Januari 2018

Rangkaian acara pada hari Rabu, 17 Januari 2018 belum dipublikasikan...

 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
15-Jan-18 13:31:51 WIB
Kedalaman 234 Km
23 Km Northwest Bolaangmongondowsel-sulut
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kota Payakumbuh02 Mei 2016 - 06:20 WIB
Over kapasitas, salah satu sebab tahanan kabur
Over kapasitas, salah satu sebab tahanan kabur

Reporter : Edward • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Kaburnya sejumlah tahanan di beberapa Lapas di Sumatera Barat sejak beberapa waktu lalu, dipicu dengan kondisi Lapas yang melebihi jumlah kapasitas. Selain itu, jumlah penjaga yang tidak sebanding, juga menjadi salah satu penyebab mudah kaburnya tahanan, karena mereka tidak sepenuhnya bisa mengawasi ratusan tahanan.

Kasus kaburnya tahanan di sejumlah Lapas di Sumatera Barat mendapat tanggapan beragam dari sejumlah pihak. Sebagian besar masyarakat menyayangkan kondisi yang ada, salah satunya lemahnya pengawasan di Lapas sehingga memudahkan tahanan untuk kabur. Selain lemahnya pengawasan, jumlah penghuni Lapas yang melebihi kapasitas yang ada juga terus mendapat sorotan. 

Padahal Kepala Kanwil Kementrian Hukum dan HAM Sumbar, mengaku akan segera memindahkan Napi dari Lapas yang over kapasitas ke Lapas yang masih belum penuh dan sesak. Namun hingga kini hal itu belum bisa terealiasi secara maksimal sehingga sebagian Lapas masih ada yang memiliki jumlah penghuni melebihi kapasitas yang ada serta minimnya jumlah petugas pengawas Lapas.

Kondisi tersebut diakui oleh Kepala Pengamanan Lapas Kota Payakumbuh. Menurutnya, dengan kondisi penjaga yang kurang petugas, mereka cukup kesulitan dalam melakukan pengawasan terhadap ratusan warga binaan. Saat ini jumlah tahanan di Lapas Kota Payakumbuh diakui sudah over kapasitas, petugas Lapas sendiri pun dibuat kewalahan. Dimana tercatat hanya 4 regu pengamanan Lapas, yang setiap harinya berjaga mengamankan ratusan tahanan. Hal tersebut membuat ketidakseimbangan antar tahanan dan petugas jaga.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat