Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Warga Nagari Tanjung Sani Khawatirkan Bencana Longsor

Kontributor DaerahBencana Alam 31 Juli 2019 JAM 06:00:50 WIB

Kondisi didaerah perbukitan yang dikelilingi dinding kaldera membuat masyarakat Danau Maninjau, khususnya di Nagari Tanjung Sani, Kecamatan Tanjung Raya rawan longsor dan galodo.

Bencana alam tersebut seringkali terjadi di saat hujan deras melanda daerah tersebut. Serpihan lumpur disertai bebatuan dan pepohonan menjadi bukti, bencana alam masih menghantui daerah tersebut. Kondisi ini membuat daerah tersebut sangat rawan bencana longsor dan galodo, terutama di saat curah hujan cukup deras dan lama di Nagari Tanjung Sani.

Saat hujan melanda, aliran air dari hulu sangat kuat mengalir menuju danau, sementara  saluran ke sungai saat ini masih berukuran kecil dan banyak ditutupi bebatuan besar. Warga setempat menyaksikan langsung kejadian longsor yang terjadi baru-baru ini.

Longsor terjadi di tiga titik dan sempat membuat akses jalan terputus. Meski demikian, BPBD, DAMKAR dan Pemerintah Kecamatan, cepat tanggap sehingga bencana tersebut segera teratasi. Masyarakat berharap kondisi tersebut segera mendapatkan solusi, sehingga bencana longsor dapat diantisiapsi.

 

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat