Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Penanaman Mangrove Dan Pohon Pencegah Abarasi

Kontributor DaerahLingkungan hidup 30 Juli 2019 JAM 06:44:15 WIB

Mengantisipasi kerusakan daerah muara sungai dan abrasi di Pantai, pemuda dan Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat menanam magrove dan pohon cemara disejumlah titik. Penanam magrove dan pinusjuga sebagai langkah pencegahan bencana dan memperbiki ekosistim sungai.

Sejumlah pemuda masyarakat bersama Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pasaman Barat  menanam ratusan batang bibit mangrove di muara sekitar, permukiman masyarakat nagari persiapan Maligi. Penanaman mangrove sebagai upaya menjaga ekosistim sungai dan laut serta antisipasi bencana. Aksi ini muncul sebagai bentuk kepedulian sejumlah pemuda setempat terhadap lingkungan mereka, serta mulai rusaknya dan berkurangnya kawasan magrove sebagai tempat berkembang dan hidupnya sejumlah binatang yang sehari-hari juga sebagai sumber makanan dan ekonomi masyarakat.

Khusus daerah pinggir pantai, pemuda dan DLH juga menanam puluhan batang pinus, cemara udang dan tanaman buah-buahan. Besar harapan tanaman ini bisa menjadi penahan abrasi dan memperindah pinggir pantai. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pasaman Barat Andrinaldi mengatakan DLH saat ini focus melakukan perbaikan sejumlah daerah rawan dan kerusakan, seperti reboisasi di pegunungan dan penanam pohon di sekitar muara dan aliran sungai.

Khusus daerah pantai, secara bersama DLH juga focus menaman sejumlah tanaman sebagai langkah pencegahan bencana dan penghijauan kembali, serta mengajak masyarakat untuk menjaga lingkungan, serta memperhatikan sampah plastik agar tidak merusak kehidupan.  Selain penanam bang DLH juga berupaya melakukan pencegahan kerusakan hutan dan aliran sungai. Karena saat musim penghujan, Pasaman Barat sering dilanda banjir dan longsor, bahkan beberapa waktu lalu banjir hampir terjadi merata di seluruh kecamatan.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat