Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Minggu, 08 Desember 2019

16 : 04SUMATERA BARAT HARI INI
 
 
Sosial Media
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Tanah Datar22 Juli 2019 - 06:48 WIB
Pengrajin Kerambit, Senjata khas Minangkabau
Pengrajin Kerambit, Senjata khas Minangkabau

Reporter : ERICKA • Editor : Redaksi Berita

A+AAA-
 

Senjata khas Minangkabau yang telah dikenal hingga ke mancanegara salah satunya adalah kerambit. Proses pembuatan senjata ini sangatlah rumit. Senjata yang dikenal mematikan ini juga di produksi oleh pengrajin pandai besi  di Kecamatan Lintau Buo Utara, Tanah Datar.

Kerambit merupakan senjata tradisional khas Minangkabau yang dulunya digunakan sebagai senjata utama dalam seni bela diri silat. Senjata ini juga dianggap sangat mematikan karena bersifat merobek secara cepat tanpa terdeteksi. Ukurannya yang kecil, sehingga senjata ini sangat menjadi andalan bagi pecinta bela diri dahulunya.

Selain diberbagai daerah di Sumatera Barat, kerambit juga di produksi  oleh pandai besi di Kecamatan Lintau Utara, Kabupaten Tanah Datar. Berbeda dengan proses pembuatan parang dan pisau, untuk  membuat  satu kerambit dibutuhkan waktu satu hari dan bahkan lebih. Hal ini tak lain karena tingkat kerumitan pembuatan dari senjata tradisional tersebut.

Jika dulu, kerambit hanya berbentuk besi kecil melengkung atau seperti kuku harimau, namun seiring perkembangan zaman, senjata tradisional  ini telah dibentuk semenarik mungkin agar memiliki  nilai ekonomis. Kini, kerambit tak hanya dibutuhkan sebagai senjata untuk membela diri, namun juga bisa dijadikan sebagai koleksi pribadi atau  sekedar oleh-oleh dari Ranah Minang.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

#mediapemersatubangsa