Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Pasar Tandikek Terancam Amblas Setelah Diterjang Banjir

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 21 Juli 2019 JAM 06:00:58 WIB

Pasar Tandikek di Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman terancam amblas setelah diterjang banjir akhir tahun 2018 lalu dan hingga kini belum ada perbaikan. Dikhawatirkan jika tidak cepat diperbaiki, belasan petak toko yang berada disepanjang pinggir sungai tersebut juga akan terancam amblas.

Ancaman abrasi terhadap Pasar Tandikek, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman ini hanya menunggu waktu. Jika tidak cepat diatasi, sejumlah bangunan pasar tersebut akan masuk ke sungai. Terlihat bibir sungai setinggi 30 meter itu sudah terlalu dekat dengan bangunan pasar. Desember akhir tahun 2018 lalu, Pasar Tandikek ini dihantam banjir besar, sehingga menyebabkan sejumlah petak toko di pasar tersebut hancur masuk ke sungai. Beruntung tidak ada korban jiwa, karena seluruh toko dalam keadaan kosong, namun banyak barang dagangan yang masuk ke sungai.

Selain sejumlah petak toko, lokasi parkir juga ikut amblas masuk ke sungai, jika tidak cepat diperbaiki, belasan petak toko lainnya yang kini masih berdiri di sepanjang pinggir sungai, juga akan terancam. Walinagari Tandikek Saharuddin menyebutkan, kondisi tersebut sudah disampaikan ke pihak kabupaten, agar secepatnya melakukan perbaikan tebing di sepanjang pasar. Karena selain mengancam bangunan toko juga mengancam keselamatan masyarakat. Bahkan sebelumnya, pihaknya sudah membuat proposal terkait bantuan untuk perbaikan tebing pasar, dimana hingga kini masih menunggu realisasinya.

Saat ini belum ada upaya yang bisa dilakukan masyarakat setempat, mengingat lokasi tebing yang amblas cukup berbahaya. Masyarakat hanya bisa berharap pemerintah Kabupaten Padang Pariaman secepatnya mengatasi ancaman tersebut, sehingga Pasar Tandikek aman dari ancaman abrasi.

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat