Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

TPA Regional Sumatera Barat Tampung Ratusan Ton Sampah

Kontributor DaerahLingkungan 21 Juli 2019 JAM 06:46:31 WIB

Tempat pembuangan akhir (TPA) regional Sumbar yang berada di Kelurahan Padang Karambia Kota Payakumbuh menampung 250 ton sampah dari empat kabupaten kota yang ada. Sampah yang dikirim ke TPA itu juga beragam, mulai dari sampah plastik hingga sampah rumah tangga.

Setiap harinya 250 ton sampah yang berasal dari Kabupaten Agam, Kabupaten Limapuluh Kota, Kota Bukittinggi dan Kota Payakumbuh tercatat masuk ke tempat pembuangan akhir (TPA) regional Payakumbuh di Kelurahan Padang Karambia Kecamatan Payakumbuh Selatan. Perharinya rata-rata  terdapat 20 truk yang membawa sekitar 250 ton sampah dari empat kabupaten kota tersebut ke TPA yang mulai beroperasi sejak tahun 2013 lalu.

Sebelum masuk ke TPA Regional Payakumbuh, masing-masing truk yang masuk ditimbang dan untuk setiap ton sampah yang masuk. Untuk biaya, masing-masing daerah dikenakan biaya sebesar  Rp 20 ribu per ton. Retribusi yang dibayarkan tersebut berdasarkan perjanjian kerja sama, antara empat daerah itu dengan pemerintah provinsi Sumbar, termasuk Kota Payakumbuh.

TPA Regional Payakumbuh memiliki area lahan seluas 15 hektar dan sampai saat ini baru separuh lahan yang sudah digunakan, baik untuk gedung kantor ataupun tempat pemusnahan sampah (landfield). Di TPA Regional Payakumbuh itu terdapat sebanyak 18 orang pekerja yang bertugas sebagai operator dan juga membantu proses masuk sampah. Untuk sampah yang masuk disimpan di landfield, dari situ kemudian nanti ditimbun menggunakan tanah dan dipadatkan.  

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat