Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 27 April 2018

14 : 00SUMBAR SEKILAS
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00NUANSA IMAN
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,3SR
26-Apr-18 23:56:01 WIB
Kedalaman 10 Km
74 Km Northeast Sarmi-papua
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Padang Pariaman26 April 2016 - 06:16 WIB
3 Ribu slof rokok cukai palsu diamankan Polres Padang Pariaman
3 Ribu slof rokok cukai palsu diamankan Polres Padang Pariaman

Reporter : Abdul Saril • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Sebanyak 3.324 slof rokok berbagai merek yang diduga menggunakan cukai palsu, diamankan Satuan Reskrim Polres Padang Pariaman. Selain rokok, satu unit mobil box yang membawa rokok ilegal juga diamankan, sementara sopir dan sales rokok diperiksa sebagai saksi. 

Mobil box, BA 8605 AF, ini terpaksa diamankan Satuan Reskrim Polres Padang Pariaman, karena membawa sekitar 3.324 slof rokok dari berbagai merek, yang diduga menggunakan cukai palsu serta tidak memiliki dokumen resmi. Menurut Kapolres Padang Pariaman, AKBP Rudy Yulianto, penangkapan ribuan slof rokok ilegal itu, berawal dari laporan masyarakat, adanya peredaran rokok menggunakan cukai palsu. 

Dari laporan itu, petugas langsung melakukan razia di kawasan Simpang Jambak, Lubuk Alung dan mencurigai sebuah mobil box, saat dihentikan dan diperiksa sopir mobil tidak bisa memperlihatkan surat resmi. Bahkan didalam mobil box didapati ribuan slof rokok ilegal tanpa cukai resmi. Dalam kasus itu, sopir dan sales rokok yang da di mobil tersebut, sudah dimintai Polisi keterangannya. Menurut mereka, rokok diambil dari Kota Padang untuk dibawa ke Kota Pariaman. Namun mereka tidak mengetahui mengenai cukai yang digunakan pada rokok tersebut.

Untuk mengungkap kasus pemalsuan cukai rokok tersebut, Polres Padang Pariaman berkoordinasi dengan Polda Sumbar, denagan mengecek terlebih dahulu, keaslian cukai pada rokok tersebut. Dari keterangan PT. Pura Dikudus, sebagai perusahaan yang dipercaya Perum Peruri mengeluarkan cukai pada rokok, kepada pihak Kepolisian mengakui sebagian dari rokok yang diamankan, menggunakan cukai palsu. 

Adapun merek rokok yang diamankan, diantaranya Record , Xeonmild, Mustika, Gudang Cengkeh, Gudang Baru dan Best Milk. Dalam kasus tersebut, Polres Padang Pariaman, akan menggenakan pelaku dengan Undang-undang nomor 39 tahun 2007 tentang Pabean dan cukai.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat