Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Penyulingan Air Batang Agam oleh PDAM Sempat Terkendala

Kontributor DaerahLingkungan 20 Juli 2019 JAM 06:53:29 WIB

Akibat air di Batang Agam yang keruh mengakibatkan proses penyulingan atau penjernihan, Water Treatment PLNT (WTP) yang dilakukan oleh PDAM sempat terhenti selama beberapa hari. Penyulingan air Batang Agam menjadi air bersih merupakan salah satu upaya Pemerintah Payakumbuh untuk mencukupi kebutuhan air masyarakat.

Keruhnya air Batang Agam yang juga mengalir di Payakumbuh, mengakibatkan proses penyulingan atau penjernihan yang biasa dilakukan untuk pemenuhan kebutuhan air bersih masyarakat Payakumbuh di saat jam jam sibuk terpaksa harus terhenti. Proyek penyulingan air Batang Agam atau yang dikenal Sebagai Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di kelurahan Tanjung Pauh Payakumbuh Barat menelan biaya senilai rp 20,5 milyar. Proses penjernihan solusi untuk mengatasi persoalan kekurangan pasokan air di Payakumbuh.

Kebutuhan air bersih di Payakumbuh semakin meningkat sementara kapasitas produksi PDAM kita tidak memadai, sehingga dengan beroperasinya WTP permasalahan kekerangan air bersih bisa teratasi. Keruhnya air Batang Agam, sangat berdampak pada proses penyulingan atau penjernihan yang dilakukan, sebab air Batang Agam menjadi sumber utama dalam proses penjernihan.

PEMKO Payakumbuh membangun SPAM mulai 2018 sebagai sumber air bersih yang baru selain dari Batang Tabik dan Situjuah. Selain memenuhi pasokan sumber air bersih, pembangunan SPAM juga merupakan rekomendasi dari BPK bahwa kota Payakumbuh harus mempunyai sumber air bersih sendiri sehingga tidak tergantung kepada daerah lain. Pembangunan SPAM merupakan solusi inovatif dengan memfilter sumber air dari Batang Agam secara teknologi sehingga menjadi air yang bersih bahkan layak dikonsumsi. Untuk  kapasitas air bersih yang dihasilkan mencapai 100 liter per detik.  

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat