Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

Ratusan Bagan di Danau Singkarak Ditertibkan

Kontributor DaerahEkonomi 20 Juli 2019 JAM 06:24:28 WIB

Dinas Kelautan dan Perikan Provinsi Sumatera Barat dibantu oleh beberapa pihak lainnya  menertibkan ratusan bagan di Danau Singkarak. Aksi ini guna menjaga kelestarian Ikan Bilih yang ada di Danau Singkarak. Lebih dari seratus bagan di Danau Singkarak Provinsi Sumatera Barat ditertibkan oleh tim gabungan. Selama 2 hari penertiban bagan dilakukan di wilayah Kabupaten Solok, yakni pada tanggal 15 dan 16 Juli 2019.

Sedangkan   untuk tindak lanjut kembali dilakukan pada tanggal 18 Juli lalu penertiban juga dilakukan di Danau Singkarak pada wilayah Kabupaten Tanah Datar. Sebelumnya pada akhir tahun 2018, dilakukan rapat mengenai keberadaan bagan di Danau Singkarak. hasil dari rapat tersebut, bahwa pemilik bagan diberikan kesempatan untuk mengoperasikan bagannya hingga bulan Juni 2019. Setelah itu bagi pemilik bagan yang masih mengoperasikan bagannya di Danau Singkarak, petugas terkait akan menertibkan seluruh bagan yang masih melanggar aturan tersebut.

Aksi penertiban ini dilakukan oleh Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumatera Barat, diikuti oleh beberapa pihak, seperti Polres, Polsek, Dandim, Satpol PP Kabupaten dan Satpol PP Provinsi Sumatera Barat, Camat, Walinagari, dan beberapa pihak lainnya yang juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dampak dari penggunaan bagan selama ini menyebabkan populasi Ikan Bilih berkurang dan ekonomi masyarakat yang ikut terganggu di sekitar daerah Danau Singkarak. Penertiban ini juga mengundang aksi protes dari masyarakat yang bagannya ditertibkan oleh tim gabungan.

Selain itu, tujuan dari penertiban ratusan bagan ini adalah untuk mengembalikan kepada kebiasaaan turun temurun. Yakni menangkap Bilih menggunakan jaring, langli, dan alat-alat tangkap yg telah dimodivikasi dan dinilai aman untuk melakukan penangkapan Ikan Bilih di Danau Singkarak.

Wartawan : MONA / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat