Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Abrasi Pantai Semakin Parah di Pantai Ulakan

Kontributor DaerahBencana Alam 19 Juli 2019 JAM 06:33:27 WIB

Ancaman abrasi masih melanda kawasan Pantai Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Bahkan ancaman abrasi kali ini merupakan ancaman terparah yang melanda kawasan tersebut. Masyarakat berharap pemerintah segera menangani ancaman abrasi dengan penambahan batu grib, Kamis (18/7).

Kondisi abrasi yang melanda disepanjang kawasan Pantai Ulakan, Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman, khususnya kawasan Pantai Utara Ulakan yang belum dipasang batu grib penahan ombak mengakibatkan sejumlah pohon besar penahan tebing yang berada di lokasi tersebut tumbang akibat abrasi dan masuk ke laut. Menurut warga, ancaman abrasi yang melanda Pantai Ulakan sudah belangsung sejak lama, akibat terjadinya gelombang pasang, bahkan hingga kini masih terus berlansung.

Bahkan pada tahun 2018 puluhan rumah dan warung warga hancur, sehingga banyak keluarga kehilangan tempat tinggal dan tempat usaha. Yuli salah satunya, warga yang memiliki warung rumah makan, terpaksa harus pindah dan mengontrak lokasi baru untuk jualan. Karena lokasi yang lama hancur akibat abrasi. Namun pada lokasi yang baru kembali terancam abrasi, bahkan jaraknya sudah dekat dan terancam masuk ke laut.

Bahkan dalam tahun ini diperkirakan sudah 300 meter tebing di Pantai Ulakan kembali terkikis air laut. Abrasi diperparah karena tidak adanya batu penahan ombak sehingga himbasnya ke pohon dan warung rumah makan. Saat ini bantuan batu grib dari pemerintah pusat baru terpasang di lima titik, sehingga imbasnya ke pantai yang belum memiliki batu penahan ombak. Warga berharap pemerintah mencarikan solusi terkait menahan abrasi pantai yang masih melanda Pantai Ulakan. Jika tidak secepatnya diatasi, abrasi akan terus melebar dan mengancam puluhan rumah warga lainnya.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat