Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Harga Ternak Sapi Mulai Naik

Kontributor DaerahEkonomi 15 Juli 2019 JAM 06:37:04 WIB

Harga ternak sapi di pasar ternak Payakumbuh mengalami kenaikan 500 ribu hingga 1 juta rupiah menjelang hari raya Idul Adha tahun 2019, kenaikan harga tersebut diprediksi akan terus terjadi karena mulai tingginya permintaan. Menjelang Idul Adha 2019, harga sapi di Kota Payakumbuh mengalami kenaikan, hal tersebut karena mulai tingginya permintaan sapi oleh masyarakat untuk dijadikan hewan kurban pada lebaran Idul Adha nanti.

Saat ini harga sapi jantan untuk kurban berumur 2 hingga tiga tahun mencapai harga lima belas juta rupiah. harga tersebut meningkat sejak beberapa hari terakhir. dan diperkirakan akan terus mengalami kenaikan hingga nanti pada pelaksanaan Idul Adha. Ia juga menambahkan, selain naiknya harga sapi karena mulai banyak pembeli dari Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota, pembeli ternak juga berdatangan dari kabupaten kota lainnya yang berdekatan dengan Payakumbuh. Dipasar ternak tersebut hewan ternak yang dijual didominasi kambing, sapi dan juga kerbau.

Mulai naiknya harga ternak juga dirasakan oleh salah seorang pengurus mesjid yang akan membeli sapi untuk dijadikan hewan kurban pada lebaran Idul Adha nanti. kenaikan harga tersebut menurutnya adalah hal yang wajar karena hal tersebut selalu terjadi setiap tahunnya, apalagi naiknya harga hanya tidak telalu besar.

Untuk seekor sapi betina berumur tiga tahun, ia harus merogoh koceh sebesar 11,8 juta rupiah. harga tersebut harus tetap dibayarkan untuk memenuhi kebutuhan hewan kurban. Di pasar hewan Kota Payakumbuh atau kerap disebut pasar ternak, hewan yang dipasarkan berasal dari berbagai tempat. hewan ternak seperti sapi dan kambing menjadi pilihan warga untuk dibeli dan digunakan sebagai hewan qurban.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat