Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Daftar Tunggu Haji Hingga 20 Tahun

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 12 Juli 2019 JAM 06:36:15 WIB

Berdasarkan sistem data dan informasi dari Kantor Kementrian Agama, Kabupaten Pasaman Barat, daftar tunggu calon jemaah haji mencapai dua puluh tahun kedepan. Petugas menilai lamanya daftar tunggu ini, diduga akibar tingginya animo masyarakat untuk berangkat dan belum bertambahnya kuota haji.

Meski jumlah jamaah calon haji asal Kabupaten Pasaman Barat, yang berangkat ke tanah suci, terus meningkat setiap tahunnya, namun hal tersebut tidak terlalu berpengaruh terhadap, daftar tunggu calon jamaah haji. Hingga saat ini, berdasarkan data dan informasi dari Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat, daftar tunggu haji mencapai dua puluh tahun kedepan. Artinya jika masyarakat mendaftarkan diri tahun ini, berkemungkinan akan berangkat pada tahun dua ribu empat puluh mendatang.

Kasi Haji dan Umroh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman Barat Suharjo Lubis mengaku, kuota haji Pasaman Barat memang terus naik, namun hal itu tidak terlalu berpengaruh signifikan terhadap daftar tunggu. Sebab setiap tahunnya, jumlah pendaftar haji terus naik. Petugas meminta, masyarakat yang ingin berangkat haji harus bersabar, dan berharap ada tambahan kuota di tahun-tahun berikutnya, sehingga bisa mempercepat keberangkatan menuju tanah suci.

Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan informasi haji bisa langsung datang ke Kantor Kementrian Agama Kabupaten Pasaman. Sehingga mengetahui tahapan dan prosedur haji secara resmi. Meski daftar tunggu cukup lama, namun animo masyarakat yang mendaftarkan diri sebagai calon jamaah haji tidak pernah putus. Petugas mengaku, setiap bulannya petugas selalu menerima sejumlah pendaftar dari berbagai kalangan usia dan latar belakang.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat