Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Peningkatan Pelayanan BMKG Diwilayah Sumatera Barat

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 08 Juli 2019 JAM 06:23:15 WIB

Untuk meningkatkan pelayanan dan mempertegas peran dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), BMKG pusat mendatangi sejumlah stasiun BMKG diwilayah Sumatera Barat.

Selain untuk pemantauan fungsi dan kinerja, namun juga untuk sosialisasi tentang peran BMKG disektor non kebencanaan. Eksistensi BMKG dalam penanggulangan maupun penanganan kebencanaan beberapa tahun terakhir membuat BMKG kerap disangkut pautkan dengan sektor kebencanaan. Padahal lebih dari itu, BMKG memiliki berbagai fungsi di berbagai sektor yang tidak hanya fokus dalam kebencanaan.

Ada 12 sektor yang membutuhkan peranan BMKG diantaranya transpotasi, pertanian dan kehutanan, pariwisata, pertahanan keamanan,konstruksi, tata ruang, kesehatan, sumbar daya air, energi dan pertambangan, indsutri kelautan dan perikanan serta kebencanaan. Tidak hanya itu, BMKG juga beperan dalam kajian dan juga penelitian. Untuk penguatan fungsi dan peran BMKG tersebut, kepala pusat informasi perubahan iklim BMKG pusat beserta jajaran  bersama sejumlah wartawan melakukan kunjungan ke beberapa stasiun BMKG di wilayah Sumatera Barat. Kunjungan pertama dilakukan ke Stasiun Meteorologi  Minangkabau.

Selain kunjungan, BMKG juga melakukan langkah inofasi dengan melakukan sosialisasi lebih luas lewat teknologi dan media sosial. Hal ini diharapkan dapat memberikan informasi lebih lengkap ditengah masyarakat tentang fungsi dan peran BMKG serta memudahkan masyarakat untuk melakukan kajian ataupun penelitian di 12 sektor tersebut.

Wartawan : SHERLY Z/ ATFRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat