Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Perpustakaan Tekan Ketergantungan Terhadap Smart Phone

Kontributor DaerahPendidikan 08 Juli 2019 JAM 06:25:31 WIB

Keberadaan pustaka dengan ribuan koleksi buku berbagai jenis selain diharapkan meningkatkan minat baca juga untuk menekan jumlah anak yang tergantung pada penggunaan hp. Meski belum banyak keluarga yang membawa anak mereka ke pustaka, namun upaya pengurangan ketergantungan terhadap hp terus dilakukan.

Upaya meningkatkan minat baca di Payakumbuh terus digalakkan dari berbagai sisi, salah satunya dengan memaksimalkan pemanfaatan perpustakaan yang bisa diakses oleh kalangan manapun. Perharinya, tercatat kurang lebih 30 orang pengunjung menikmati berbagai buku yang tersedia di rak dan atas meja perpustakaan. Selain kalangan umum, kalangan pelajar, termasuk anak-anak juga kerap datang ke pustaka.

Selain menyediakan buku-buku pengetahuan umum, juga tersedia buku-buku cerita bergambar, komik dan buku cerita anak lainnya yang dapat dinikmati oleh anak-anak usia dini. Termasuk fasilitas internet gratis dan komputer juga disediakan untuk pengunjung yang akan mempergunakan sesuai dengan keperluannya. Menurut salah seorang pengunjung, ia sengaja mengajak sang adiknya ke pustaka agar tidak memiliki ketergantungan dengan gadget atau telepon genggam yang juga memiliki dampak buruk.

Dengan mengajarkan langsung melalui buku-buku dapat mengurangi penggunaan telepon genggam yang saat ini sering dilakukan anak-anak untuk bermain. Sebab mengajarkan membaca melalui smartphone akan berdampak ketergantungan menggunakan telepon genggam dan tidak baik untuk perkembangannya ke depan.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat