Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Harga Ikan Laut di Pasaman Barat Mahal

Kontributor DaerahEkonomi 21 Juni 2019 JAM 06:42:31 WIB

Akibat kekurangan pasokan ikan dari nelayan, membuat harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kabupaten Pasaman Barat terus naik. Kenaikan harga ikan mencapai sepuluh persen dari harga normal, bahkan pada momen tertentu pedagang tidak bisa berjualan karena  stok ikan kosong.

Masyarakat dan pedagang ikan di Pasar Simpang Tiga, Kabupaten Pasaman Barat mengeluhkan masih mahalnya harga ikan laut di daerah mereka. Sulitnya stok ikan dari nelayan dan agen, diduga menjadi faktor utama kenaikan harga ikan di pasaran. Sekarang harga ikan di pasaran berkisar tiga puluh lima ribu rupiah hingga enam puluh ribu rupiah per kilonya. Besaran harga, tergantung kepada jenis dan kualitas ikan yang dijual oleh pedagang, namun jika dirata-ratakan harga ikan naik sekitar sepuluh persen dari harga normal.

Satu kilogram ikan jenis tuna kecil dijual seharga empat puluh hingga empat puluh lima ribu rupiah, padahal harga normal hanya berkisar tiga puluh lima ribu rupiah per kilonya. Sementara ikan jenis lainnya dijual seharga empat puluh lima ribu rupiah. Selah seorang pedagang Fauzan menjelaskan, kenaikan ikan sudah terjadi sejak Ramadhan. Informasi dari nelayan, sekarang tengah musim terang bulan dan cuaca ekstrim, sehingga mereka kesulitan menangkap ikan. Nelayan memprediksi situasi akan normal satu minggu ke depan.

Memenuhi kebutuhan stok ikan di pasaran, pedagang terpaksa mencari kepada nelayan tepi atau agen dari luar Pasaman Barat. Agar permintaan bisa terus di penuhi. Bahkan beberapa pedagang terpaksa tidak berjualan jika stok kosong. Masyarakat dan pedagang berharap, kondisi cuaca bisa membaik dan melimpahnya stok ikan di pasaran. Sehingga harga bisa kembali normal seperti semula. Masyarakat mengaku mahalnya harga ikan membuat mereka sulit membagi keuangan yang ada.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat