Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

Gerakkan Ekonomi Melalui Badan Usaha Milik Nagari di Tanah Datar

Kontributor DaerahEkonomi 18 Juni 2019 JAM 06:07:47 WIB

Berbagai upaya dilakukan pemerintah nagari dalam meningkatkan perekonomian masyarakatnya melalui alokasi dana desa. Di Nagari Cubadak, Tanah Datar peningkatan perekonomian masyarakat dilakukan melalui badan usaha milik nagari.

Nagari Cubadak merupakan salah satu nagari dari 75 nagari di Kabupaten Tanah Datar.  Nagari ini juga  memiliki potensi yang sangat besar untuk dikembangkan sebagai kawasan pertanian dan peternakan.

Pemerintah nagari mengaku jika telah melakukan berbagai usaha dalam meningkatkan taraf hidup masyarakatnya, salah satunya dengan mendirikan badan usaha milik nagari. BUMNAG tersebut bergerak dalam berbagai sector, seperti pengambangan destinasi wisata Tabek Ganggam, dan pendampingan terhadap usaha kecil menengah yang dilakoni oleh masyrakat.

Selain itu, dalam menggerakkan roda perekonomian masyarakat, pemerintah nagari juga melakukan pengembangan tanaman serai wangi dan pengelolaan kompos dari hasil peternakan sapi. Alokasi dana nagari tahun 2018 lalu, sebesar 400 juta rupiah lebih direalisasikan dalam bidang pembangunan seperti  pembangunan jalan lingkar, rehab rumah  tidak layak huni dan rehab sanitasi. Sementara, dalam bidang pembinaan masyarakat, pada tahun 2018 pemerintah nagari cubadak merealisasikan alokan dana nagari sebesar 200 juta rupiah lebih.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat