Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Tebing Sungai Terus Amblas

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 18 Mei 2019 JAM 06:52:15 WIB

Akibat gerusan air aliran Sungai Batang kenaikan, puluhan rumah di Jorong Sudirman, Nagari Kiawai, Kecamatan Gunung Tuleh terancam masuk sungai. Saat ini beberapa rumah masyarakat, hanya berjarak sekitar delapan meter dari tebing. Masyarakat mengaku hingga hari ini, tebing sungai terus amblas. Aliran Sungai Batang kanaikan mengancam, puluhan rumah masyarakat di Kampung Koto Dalam, Jorong Sudirman, Kecamatan Gunung Tuleh. Akibat erosi atau gurasan aliran sungai, membuat rumah masyarakat terancam amblas, dan dikhawatirkan akan memakan korban jiwa.

Ancaman aliran sungai itu semakin parah, sejak banjir besar April lalu. Sekarang, empat unit rumah masyarakat, hanya berjarak beberapa meter dari tebing sungai. Bahkan, saat volume air naik, kondisi tebing terus roboh, dan semakin dekat dengan rumah masyarakat. Jika kondisi ini dibiarkan, besar kemungkinan, puluhan rumah masyarakat di kawasan padat penduduk itu akan terancam amblas. Sebab, kontur tanah pada bagian tebing sangat labil ditambah dengan hantaman aliran sungai yang sangat kuat. Camat Gunung Tuleh Randy Hendrawan mengatakan, saat curah hujan tinggi beberapa waktu lalu, pemerintah sempat menyarankan warga untuk menempati rumah kerabat yang aman. Mereka khawatir, rumah tersebut roboh dan memakan korban jiwa.

Setelah melakukan peninjauan, Pemerintah Kecamatan berharap, balai wilayah sungai, bisa mengambil tindakan cepat mengantisipasi ancaman lebih besar, baik berupa normalisasi atau pembuatan penahan tebing sungai. Masyarakat sekitar saat ini sudah mulai khwatir dan takut menempati rumah mereka. Karena sebagai daerah yang dekat dengan pegunungan, tidak menutup kemungkinan akan terjadi banjir bandang atau bertambahnya debit air dalam waktu singkat. Masyarakat sekitar, meminta Pemerintah Provinsi atau pusat memberikan perhatian khusus atas peristiwa ini. Jika dibiarkan berlama-lama, bisa dipastikan perkampungan mereka akan terbawa arus sungai.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat