Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

Sejumlah Desa di Kepulauan Mentawai Rawan Terkena Bencana

Kontributor DaerahBencana Alam 08 Februari 2019 JAM 06:29:44 WIB

26 dari 53 desa di Kepulauaan ,Mentawai  masih  rentan terkena bencana,  terutama jika terjadi bencana tsunami, karena 26 desa tersebut berada di bibir pantai. Mengantisipasi korban jiwa jika terjadi bencana, masyarakat di minta untuk  siap melakukan evakuasi diri ke perbukitan jika terjadi gempa yang berpotensi tsunami.

Bupati Kepulauan Mentawai Yudas Sabagallet mengatakan saat ini masih ada 26 desa dari 53 yang sangat rentan terkena bencana tsunami,  karena 26 desa ini berada di daerah pantai dengan dataran rendah. 26 desa tersebut tersebar di beberapa pulau di Kepulauan Mentawai, seperti Siberut Utara dan Siberut Barat dan Pagai Utara. Mengantisipasi korban jiwa jika terjadi bencana, pemerintah Kepulauan Mentawai Tengah menata pemukiman warga Mentawai di tempat yang lebih tinggi, sehingga masyarakat lebih aman dari bencana tsunami.

Yudas Saballet menambahhkan, selama ini masyarakat Kepuluan Mentawai sudah mulai cerdas menghadapi bencana terutama jika terjadi gempa, masyarakat yang berada di pesisir pantai secara otomatis akan menyelamatkan diri ke tempat yang lebih tinggi. Berdasarkan penilitian, jalur mentawai megatrust masih menyimpan energy gempa dengan kekuatan mencapai 8,8 skala rikter.

Wartawan : TUA SAMAN SIREGAR
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat