Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Kepulauan Mentawai

Pentingnya Mitigasi Bencana

Kontributor DaerahBencana Alam 08 Februari 2019 JAM 06:06:51 WIB

Sumatera Barat dikenal sebagai daerah yang sangat rawan terjadi bencana, selain memiliki Gunung Merapi yang aktif, Sumatera Barat juga di kelilingi oleh Lempengan Patahan Semangka yang bisa mengancam wilayah Sumatera Barat. Untuk itu, masyarakat harus dilatih untuk siap melakukan Mitigasi Bencana. Berdasarkan data Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia atau LIPI dan Badan Meterorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG Sumatera Barat memiliki potensi Megathrust di Kabupaten Kepulauan  Mentawai.

Kepala Badan Nasional Penangulangan Bencana, Letjen Doni Monardo menjegaskan PEMPROV Sumatera Barat beserta pemerintah Kota dan Kabupaten harus lebih siap dalam menghadapi ancaman bencana, baik gempa bumi maupun ancaman tsunami. Diketahui sumatera barat tengah dibayangi ancaman bencana gempa bumi dan tsunami dari patahan Lempeng Semangko yang dikenal sebagai Zona Megathrust. sejak 2 Februari 2019 lalu Sumatera Barat telah di guncang gempa sebanyak 115 kali  yang di duga berasal dari patahan tersebut.

Badan Nasional Penanggulangan Bencana juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih waspada dan meningakatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi  bencana.

Wartawan : TUA SAMAN SIREGAR
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat