Live Streaming

 
Rangkaian Acara

Jum'at, 16 November 2018

14 : 00SEKILAS SUMBAR
14 : 05NADA ISLAMI
15 : 00DENDANG 15
16 : 00BERITA RANAH MINANG
17 : 00NUANSA IMAN
 
Prakiraan Cuaca
 
Gempa Terkini
5,0SR
15-Nov-18 10:55:02 WIB
Kedalaman 10 Km
17 Km Southeast Mamasa-sulbar
Does Not Generate Tsunami
Sumber : Data BMKG
Berita Detil
Kontributor Daerah • Kabupaten Pasaman Barat02 Maret 2016 - 07:24 WIB
Ratusan hektar kebun sawit terbakar
Ratusan hektar kebun sawit terbakar

Reporter : Andika Adi Saputra • Editor : Redaksi BRM

A+AAA-
 

Ratusan hektar  lahan perkebunan kelapa sawit milik kelompok tani Batang Alin Permai binaan PT. Barkrie Pasaman Plantation hangus terbakar. Dugaan sementara kebakaran disebabkan  cuaca panas yang melanda wilayah Pasaman Barat beberapa hari terakhir.

Ratusan hektar lahan perkebunan kelapa sawit produktif milik kelompok tani Batang Alin Permai binaan PT. Barkrie Pasaman Plantation di Jorong Lubuk Juangan Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aua Kabupaten Pasaman Barat hangus terbakar. Kejadian tersebut membuat masyarakat pemilik dan perusahaan terkejut. Sebab api membakar lahan semakin melebar di khawatirkan akan membakar lahan perkebunan yang berada disisi kiri dan kanannya.

Untuk menghentikan perluasan kebakaran, Ratusan masyarakat setempat pihak Perusahaan, BPBD, TNI dan Polri serta seluruh lapisan masyarakat turun ke lokasi dan berupaya memadamkan api. Petugas mengaku kesulitan saat memadamkan api karena arena perkenbunan di atas lahan gambut sehingga sulit untuk dipadamkan oleh petugas. Selain itu lokasi kebakaran lahan tidak bisa dijangkau oleh mobil pemadam kebakaran, sehingga petugas terpaksa memadamkan api secara manual.

Beruntung sejauh ini belum ada laporan korban jiwa akibat kejadian tersebut, Namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Sebab semua lahan perkebunan yang tebakar merupakan lahan produktif. Petugas gabungan masih bekerja keras untuk memadamkan api, sejumlah titik api sudah mulai padam. Namun petugas khawatir api akan terus merambat karena diduga api masih hidup di sekitar dasar lahan gambut.

Saat ini jajaran Polres Pasaman Barat masih menyelidiki penyabab pasti kebakaran perkebunan kelapa sawit tersbut. Dugaan sementara kabakaran  disebabkan cuaca panas yang melanda wilayah Pasaman Barat. Petugas menghimbau masyarakat waspada akan terjadi kebakaran terutama saat musim panas.

Berita Lainnya
 
Komentar Anda

Media Sosial :

TVRI Stasiun Sumatera Barat