Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Penderita Penyakit Getah Bening Butuh Bantuan

TVRI Sumatera BaratKesehatan 25 Mei 2018 JAM 06:52:17 WIB

Terkendala masalah biaya  dan tidak mempunyai kartu sehat, remaja berusia 17 tahun penderita penyakit getah bening, yang tinggal di sungai Bangek kelurahan Balai Gadang Kecamatan Koto Tangah Padang, terpaksa hanya dirawat keluarganya di rumah. Herwin 17 tahun sesekali hanya bisa merintih, menahan sakit di tikar sekaligus tempat tidurnya, remaja putus sekolah tersebut telah 2 tahun menderita penyakit kelenjer getah bening

Lazuardi orang tua Herwin mengatakan, keluarga sudah pernah mengurus surat keterangan tidak mampu namun dipersulit oleh pihak Kecamatan,  karena belum mengurus kartu keluarga, saat mengurus kartu keluarga di kantor Capil ia kembali dipersulit untuk pengurusan oleh petugas di kantor Capil tersebut, akhirnya keluarga hanya bisa pasrah.

Ayah Herwin menambahkan, tidak memiliki BPJS kesehatan atau kartu sakit lainnya, untuk bisa mengobati anaknya. Saat ini keadaan remaja tersebut hanya bisa tidur di atas tikar,  dan telah berlangsung sekitar lima bulan terakhir. Awal mula penyakit Herwin dari pembengkakan di jari kaki dan tangan, Herwin menderita penyakit getah bening sejak 2 tahun belakangan, namun 5 bulan terakhir keadaanya makin memprihatinkan, jika kambuh, Herwin akan berteriak menahan rasa sakit, untuk mengantisipasinya, orang tua membelikan obat pereda nyeri agar Herwin tak selalu berteriak.

Tetangga Herwin telah mengupayakan, agar Herwin mendapatkan bantuan, upaya yang dilakukan adalah memberitahukan kepada pejabat terkait, bahkan anggota DPRD asal Koto Tangah, dan  sanak famili yang merantau, namun hingga saat ini belum ada tanda tanda bantuan datang untuk Herwin.

Keluarga berharap, adanya bantuan dari pemerintah serta uluran bantuan dari dermawan untuk pengobatan Herwin, agar bisa sembuh dan kembali beraktivitas layaknya remaja seusianya.

Wartawan : ROBIHAM
Editor : it support


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat