Live Streaming

 
Tinjauan Acara

Sabtu, 21 September 2019

08 : 05SYIAR DAN SYAIR
 
 
Informasi

 
Sosial Media
Berita

Kesehatan17 September 2019 06:16 WIB

TNI Membagikan Masker

Dampak musibah kabut asap yang terjadi beberapa hari ini di Kabupaten Dharmasraya, cukup parah.Untuk itu Anggota TNI Kodim 0310 SSD dan BPBD Dharmasraya, membagikan masker kepada warga serta pengguna jalan lintas Sumatera Pulau Punjung.

Seni Budaya17 September 2019 06:11 WIB

Pesta Tabuik Dihadiri Ratusan Ribu Pengunjung

Ratusan ribu pengunjung, menghadiri puncak pesta budaya Oyak Tabuik di Kota Pariaman, minggu pagi. Pesta budaya Oyak Tabuik Pariaman ini digelar dalam memperingati peristiwa kematian Cucu Nabi Muhammad Salallahu ‘Alaihi Wasalam Husein yang mati terbunuh saat terjadinya perang di Padang Karbala melawan tentara Raja Yazid pada 10 Muharam.Ratusan ribu pengunjung ini, mulai memadati Kota Pariaman sejak pukul 08:00 WIB minggu pagi hinggga petang hari, untuk menyaksikan prosesi puncak Oyak Tabuik di Kota Pariaman, yang diawali dengan prosesi Tabuik Naik Pangkek, kemudian dilanjutkan dengan prosesi Oyak Tabuik hingga Tabuik dibuang kelaut.

Seni Budaya17 September 2019 06:01 WIB

Prosesi Tabuik Naiak Pangkek

Prosesi puncak Oyak Tabuik dimulai, diawali dengan prosesi Tabuik Naiak Pangkek, Kubu Tabuik Pasa dan Tabuik Subarang, melaksanakan prosesi kelima yakni Tabuik Naiak Pangkek. Prosesi Tabuik Naiak Pangkek tersebut diyakini sebagai simbol Roh Husein diterbangkan ke langit oleh malaikat dengan buraq, setelah kepala dan jasadnya dicincang oleh Raja Yazid dalam peperangan Karbala.

Kesehatan16 September 2019 06:45 WIB

3 Ribu Masker Dibagikan Kepada Pelajar

Puskesmas Maninjau membagikan masker kepada seluruh pelajar setiap sekolah di Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam. Kegiatan ini bertujuan sebagai upaya pencegahan, menghindari pelajar terjangkit ispa di saat kabut asap kiriman melanda daerah tersebut. Sejumlah petugas medis puskesmas Maninjau, Kabupaten Agam, melakukan pembagian masker kepada 3 ribu orang pelajar se-Kecamatan Tanjung Raya. Kegiatan bertujuan untuk pencegahan agar pelajar tidak diserang penyakit ispa, ketika kabut asap melanda daerah tersebut.

Kesehatan16 September 2019 06:40 WIB

Pasien Ispa Meningkat

Jumlah pasien ispa di puskesmas Nanggalo dalam satu minggu belakangan mengalami peningkatan. Diduga naiknya jumlah pasien ispa disebabkan kabut asap yang menimpa Daerah Sumatera Barat. Dalam beberapa minggu belakangan kasus kabut asap mulai meresahkan msayarakat di sejumlah Kabupatan Kota di Sumatera Barat termasuk Kota Padang.

Kesehatan16 September 2019 06:32 WIB

Masyarakat Mulai Gunakan Masker

Dampak kabut asap yang semakin tebal mulai dirasakan masyarakat Kota Payakumbuh dan untuk mengantisipasi dampak yang lebih buruk,masyarakat mulai menggunakan masker saat berada di luar ruangan. Kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) di Propinsi Riau semakin berdampak pada kualitas udara di Payakumbuh,meski masih berada dalam ambang batas kewajaran,namun masyarakat mulai merasakan sesak nafas,sakit kepala akibat kabut asap yang kian menebal sejak beberapa hari terakhir.

Seputar Sumbar16 September 2019 06:24 WIB

Bagi-Bagi Masker Antisipasi Dampak Kabut Asap

Pemerintah Kota Payakumbuh bersama Dinas Kesehatan dan petugas puskesmas membagikan masker kepada masyarakat yang melintas di jalan-jalan utama. Hal ini dilakukan mengantisipasi dampak buruk kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan (KARHUTLA) yang juga menyelimuti Kota Payakumbuh dan Kabupaten Limapuluh Kota. Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Dinas Kesehatan dan puskesmas yang ada didaerah itu mulai membagi-bagikan masker pada pengendara yang melintas di jalan utama kota itu atau di lampu merah Tugu Adipura Kota Payakumbuh.

Kesehatan16 September 2019 06:19 WIB

DLH Cek Kualitas Udara Di Pasaman Barat

Dinas lingkungan hidup Kabupaten Pasaman Barat, bekerjasama dengan petugas labor Agam, melakukan pengujian kualitas udara. Pengujian kualitas udara ini, untuk memastikan status udara di Pasaman Barat, pasca kabut asap yang melanda daerah itu sejak beberapa hari belakangan . Sejak empat hari belakangan ini, kondisi udara di Pasaman Barat, mulai mengkhawatirkan. Bahkan saat pagi dan sore hari,kabut asap terlihat jelas, dan mulai mengganggu aktivitas masyarakat yang berada di luar ruangan atau sedang bekerja.

Politik15 September 2019 06:57 WIB

ASN Diminta Netral Dalam Pilkada

Bawaslu Sumatera Barat mengajak ASN netral pada Pilkada 2020 mendatang. Saat Pilkada serentak 2019 lalu terdapat 27 orang ASN di Sumatera Barat terpaksa di tindak karena terlibat dalam Pemilu serantak. Badan pengawas pemilihan umum atau Bawaslu Sumbar jelang Pilkada 2020 minta kepada seluruh ASN netral dalam Pilkada 2020 mendatang.

Kriminalitas15 September 2019 06:49 WIB

Antarkan Sabu Ke Lapas, Dua Remaja Ditangkap

Diduga antarkan narkotika jenis sabu Kelapas Klas II Pariaman, dua remaja yang berstatus sebagai kurir, berhasil ditangkap tim 3CN Polres Pariaman. Dari tangan kedua remaja tersebut diamankan satu paket kecil sabu-sabu, hendpon dan satu unit motor yang digunakan selama ini untuk mengambil dan mengantarkan barang haram tersebut.

Ke Beranda

#mediapemersatubangsa